Ad Code

Bogor - Di depan pabrik perakitan Mercedes-Benz di Wanaherang, Gunung Putri, Kab. Bogor, ada sebuah jalan yang disebut sebagai Jalan Raya Mercedes-Benz. Penggunaan nama merek asal Jerman ini sebagai nama jalan berawal ketika pabrik Mercy pertama kali berdiri di daerah itu.

Sekretaris Desa Wanaherang, Kosasih berbagi cerita kepada detikOto. Alasan jalan tersebut dinamakan Jalan Raya Mercedes-Benz adalah karena Mercedes-Benz mendirikan pabrik pertama kali di wilayah tersebut.

Cerita di Balik Nama Jalan Mercedes-Benz di Wanaherang, BogorFoto: Rangga Rahadiansyah

"Keberadaan pabrik Mercedes-Benz itu pabrik yang besar yang ada di Wanaherang. Dan saat itu Mercedes-Benz banyak membangun, memperbaiki jalan itu. Jadi mereka sendiri tidak memberikan nama (jalan) itu Mercedes-Benz. Hanya dari mulut ke mulut, ini jalan mana, jalan yang ada (pabrik) Mercedes-Benz. Akhirnya jadilah Jalan Mercedes-Benz," cerita Kosasih kepada detikOto di kantornya di Wanaherang, Gunung Putri, Kab. Bogor, Rabu (25/1/2017).

Kosasih saat ditemui di kantornyaKosasih saat ditemui di kantornya Foto: Rangga Rahadiansyah

Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang sendiri sering menjadi patokan orang untuk menanyakan alamat. Sebab pada saat pertama kali berdiri, pabrik itu menjadi pabrik yang besar di sekitaran Wanaherang.

Pabrik Mercy di WanaherangPabrik Mercy di Wanaherang Foto: Rangga Rahadiansyah

"Untuk menandai jalan itu, ada pabrik besar, itu jalan Mercedes-Benz. Jadilah seperti itu. Jadi enggak ada penetapan sendiri. Jadi akhirnya semua orang menggunakan nama itu," ujar Kosasih.

Jalan di depan pabrik Mercedes-BenzJalan di depan pabrik Mercedes-Benz Foto: Rangga Rahadiansyah

Masyarakat sendiri sudah banyak yang tahu mengenai nama jalan Mercedes-Benz. "Karena, ketimbang perusahaan yang lain, barang kali Mercedes-Benz yang paling tua di sini. Di samping kalau di Cicadas ada PT Darya Varia. Itu juga perusahaan lama. Tapi Mercedes-Benz duluan. Jadi namanya tetap Mercedes-Benz," kata Kosasih.

Nama Jalan Mercy di spanduk Nama Jalan Mercy di spanduk Foto: Rangga Rahadiansyah
Pabrik Mercedes-Benz sendiri, menurut Kosasih, sebenarnya berdiri di atas dua desa. Wilayah utara masuk ke Desa Wanaherang, sementara wilayah selatan masuk Desa Cicadas.
Nama Mercedes-Benz di peta GoogleNama Mercedes-Benz di peta Google Foto: Maps.google.com

(rgr/ddn)



from Forum Halo Dunia http://ift.tt/2jpbyOp
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu