Ad Code

Tren Kejahatan Di Bulan Ramadan Dan Menjelang Lebaran Wilayah Jakarta

Tren kejahatan di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami peningkatan dari segi kualitas. Para pelaku tergolong sadis, bahkan berani membunuh korbannya dengan senjata api.

“Kalau persentase dari segi kuantitas, angka kejahatannya tidak ada peningkatan. Tetapi memang ada peningkatan dari segi kualitas,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Menurut Argo, angka kejahatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya dari segi kuantitas cenderung relatif menurun. “Kalau dari segi kuantitas berdasarkan angka kamtibmas tidak ada peningkatan dibanding tahun lalu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana menyampaikan hal yang sama. Suntana menyebut angka kejahatan di bulan Ramadan tahun ini cenderung menurun dibanding tahun 2016. “Saya tidak katakan kejahatan meningkat karena dari angka kamtibmas dibanding Lebaran tahun lalu bedanya jauh sekali,” ungkap Suntana.

Gejala peningkatan kejahatan bersenjata api, menurut Suntana, terjadi karena pelaku memanfaatkan momen Ramadan ini untuk melakukan aksinya. Meningkatnya, aktivitas masyarakat di bulan Ramadan dimanfaatkan oleh para pelaku untuk melakukan kejahatan.

“Hanya, momen Ramadan dan menjelang Lebaran dimanfaatkan oleh kelompok pelaku kejahatan karena ada masyarakat yang mengambil uang, menitipkan di Pegadaian, dan lain-lain, itu kan jadi sasaran mereka,” ujar Suntana.

Kerawanan kejahatan yang terjadi selama Ramadan ini telah dipetakan oleh jajaran Polda Metro Jaya. “Justru itu, pada saat sebelum Lebaran kami anev (analisis dan evaluasi)-kan. Itu kami sampaikan berbagai kemungkinan itu dan polisi melakukan langkah-langkah pencegahan,” tuturnya.

Mantan Kapolres Jakarta Barat ini juga menyebut situasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya relatif aman selama Ramadan. “Sahur on the road tidak ada keributan, trek-trekan kami cegah, geng motor juga bisa dicegah. Alhamdulillah anggota patroli siang-malam ke masjid itu tetap melakukan pengamanan kamtibmas,” ungkapnya.

The post Tren Kejahatan Di Bulan Ramadan Dan Menjelang Lebaran Wilayah Jakarta appeared first on HALO DUNIA.



from HALO DUNIA http://ift.tt/2rngF7h
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu