Ad Code

Mudik Nyaman dan Aman Bersama Dengan Anak-anak

Beberapa keluarga sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Jika kalian berangkat dengan anak-anak tentu akan banyak yang perlu dipersiapkan agar mudik menjadi nyaman dan aman dengan anak-anak.

Berikut beberapa tips mudik bersama anak-anak dengan menggunakan mobil pribadi :

1. Satu hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik adalah mempersiapkan kondisi kendaraan. Cek seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam kendaraan seperti segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Jangan lupa ganti oli mesin agar nyaman di jalan.

2. Siapkan perlengkapan mudik dengan anak-anak dari sekarang. Memang sedikit merepotkan, namun saat mudik nanti, semua akan jadi serba mudah karena persiapan yang matang.

3. Apapun jenis mobil yang anda gunakan sebaiknya anak-anak duduk di kursi baris kedua demi keselamatan. Jangan pernah membiarkan anak-anak duduk di baris depan saat melakukan mudik dengan jarak jauh. Pasalnya saat mereka bosan, akan dengan cepat mereka menganggu konsentrasi pengemudi. Disamping itu, di beberapa negara seperti Eropa dan Amerika, anak-anak pada umur tertentu wajib menggunakan car seat dan harus berada di baris kedua.

4. Pastikan semua barang-barang bawaan dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di kabin mobil. Beberapa sela seperti kolong kursi baris kedua dan baris ketiga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Hindari menumpuk barang di samping kursi bersamaan dengan anak-anak. Selain beresiko melukai anak-anak juga akan membuat mereka tidak nyaman selama perjalanan.

5. Sediakan plastik tempat sampah dan plastik untuk kantung muntah jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan. Pastikan kantung plastik ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau misalnya di samping pintu atau di belakang kursi pengemudi yang memiliki kantong.

6. Bawa barang-barang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tissue, tissue basah, botol minum mereka, botol air refill, pensil warna atau crayon warna serta kartu permainan agar mereka tidak bosan selama perjalanan mudik.

Perbanyak koleksi buku bacaan dan referensi games-games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan mudik. Misalnya juga mengoleksi lagu-lagu anak-anak agar mereka juga nyaman saat perjalanan. Jangan lupakan mainan favorit anak kalian.

7. Untuk melindungi mereka dari sinar matahari, tidak ada salahnya mobil anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini sangat penting agar anak-anak tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hindari menggunakan kain yang diselipkan di kaca mobil. Selain berbahaya juga terlihat kurang estetis. Akan lebih baik lagi jika mobil sudah dilenkapi dengan kaca film anti UV.

8. Pastikan jendela belakang terkontrol dari kemudi depan. Kalian bisa mengaktifkan child lock baik untuk jendela maupun pintu belakang agar tidak mudah dibuka dan dimainkan oleh anak-anak. Pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum berangkat mudik.

9. Jika mobil kalian sudah dilengkapi dengan fasilitas DVD, tentu saja hal ini akan sangat membantu. Ketika anak-anak sudah bosan dengan games, permainan dan nyanyian tidak ada salahnya memutarkan film-film favorit mereka seperti Big Hero 6, Frozen, The Good Dinosaur, Finding Dory, Finding Nemo dan lain-lain.

10. Jika kalian melengkapi anak-anak dengan tablet, pastikan tablet sudah dalam kondisi fully charged. Namun penggunaan tablet perlu dibatasi. Pasangan kalian bisa memanfaatkan perjalanan yang panjang untuk lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak dengan beragam aktivitas seperti bercerita, bertanya, ngobrol dibandingkan sibuk dengan masing-masing gadgetnya.

11. Berhentilah setiap tiga jam hingga lima jam sekali, untuk memberikan mereka kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot yang tegang. Jangan lupa bekali mereka dengan snack dan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan di perjalanan. Hindari jajan saat di perjalanan karena selain belum terjamin sehat, anda juga bisa menghemat biaya perjalanan dengan membawa bekal dari rumah.

12. Meskipun dalam perjalanan mudik, kalian tetap harus menyediakan alas tidur yang nyaman selama perjalanan. Minimal anak-anak bisa bersender dan tidak sampai terbentur pintu atau jendela kendaraan. Gunakan bantal yang nyaman serta selimut yang tipis agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Pastikan kondisi pendingin kendaraan berfungsi agar anak-anak tidak kepanasan.

13. Jika mudik bersama anak-anak, pastikan juga membawa obat-obatan untuk anak-anak seperti obat penurun panas, termometer, plester luka, minyak telon hingga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si kecil agar tetap memiliki imun yang kuat saat kelelahan selama perjalanan mudik.

14.

Waktu berangkat akan sangat ditentukan oleh kondisi lalu lintas. Pantau kepadatan lalu lintas tiga hari sebelum keberangkatan. Pelajari polanya. Waktu terbaik untuk berangkat mudik biasanya setelah sahur atau sekalian sahur di jalan.

Waktu-waktu tersebut biasanya kondisi lalu lintas belum terlalu ramai. Namun hal tersebut benar-benar amat tergantung dengan volume kendaraan yang ada di jalan. Jadi, kuncinya jika sudah terjebak macet, bersabarlah. Yang penting selamat hingga tujuan. Nikmati perjalanan bersama keluarga dengan banyak bercerita dan saling bertukar pikiran.

 

The post Mudik Nyaman dan Aman Bersama Dengan Anak-anak appeared first on HALO DUNIA.



from HALO DUNIA http://ift.tt/2rvmHi9
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu